Layanan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah

Aplikasi SIPKD dikembangkan dengan pendekatan web-based yang menggunakan teknologi Microsof© .NET Framework yang merupakan komponen integral Microsof© Windows System yang mendukung pengembangan aplikasi dan XML Web Service.

SIPKD dibangun dengan teknologi .NET Framework diantaranya ditujukan untuk dapat disimpan dan dieksekusi di komputer lain dan intranet/internet serta meninimalkan penyebaran software/instalasi software baik di server maupun di client dan perbedaan versi yang di-release-kan (VERSIONING CONFLICT).

Aplikasi SIPKD dimungkinkan hanya di-deploy (diinstal) pada server saja, sehingga membutuhkan spesifikasi hardware yang lebih baik. Performance running application juga akan dipengaruhi oleh jumlah client (pengguna) yang memungkinkan jumlah pengguna client tak terbatas dari berbagai fungsi pengelolaan keuangan daerah. PERFORMANCE DATABASE sebagai suatu sistem pemrosesan data transaksional, performance database akan menurun seiring bertambahnya volume data, juga volume concurent (user/session) yang banyak, transaction throughput dan tipe operasi yang ada dalam database akan menurunkan performace database. Untuk meningkatkan performance diperlukan RAM yang lebih besar serta prosessor yang lebih cepat untuk memungkinkan lebih banyak data yang dicache di memori dan melakukan query pada database bervolume besar dengan proses yang lebih cepat.

Saat ini SIPKD dapat diakses melalui 2 (dua) cara, yakni access by intranet and access by internet

  1. Access by Intranet yakni akses melalui jaringan LAN dan WLAN, akses ini memungkinkan user mengakses SIPKD secara langsung terpusat di kantor BPKAD maupun di SKPD masing-masing yang telah dipasang antena Wireless.
  2. Access by Internet yakni akses melalui jaringan internet langsung hanya melalui web browser internet explorer dengan alamat http://2016.sipkd-riau.net angka tahun ini menunjukan tahun anggaran yang ingin diakses.

Layanan Sistem Informasi Manajemen Gaji PNSD

Aplikasi SIMGAJI PNSD merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh PT. TASPEN Persero, yang memuat seluruh manajemen gaji pegawai mulai dari gaji bulanan, mutasi PNS, Kenaikan Pangkat dan Golongan dll.

SIMGAJI dibangun dengan bahasa pemrograman visual foxpro yang berbasis desktop, sehingga untuk updating harus melalui download bundel aplikasi yang bisa diakses diwebsite PT. Taspen.

Aplikasi SIMGAJI PNSD di-deploy (diinstal) pada masing-masing Komputer Client, dan untuk akses ke server pusat (server BPKAD) harus mengkonfigurasikan koneksi databasenya didalam folder aplikasi SIMGAJI PNSD

Saat ini database SIMGAJI berada di BPKAD, manajemen data-data PNSD se-Provinsi Riau akan lebih mudah dan akurat karena diakses di satu tempat

Untuk membantu user dalam install aplikasi ini, maka berikut Buku Petunjuk Aplikasi SIMGAJI dan Petunjuk teknis install Aplikasi SIMGAJI