Service Desk

What's your complaint ?

Pada ruang ini kami ingin mendengar keluhan para pembaca portal ini tentang layanan kami baik itu layanan aplikasi maupun layanan administrasi di BPKD. Upsss......Komentar dan keluahannya bersifat membangun dan jangan jadi "hater" ya......

Mari bangun keterbukaan dengan memegang teguh kesopanan dan kesantunan kita sebagai Bangsa Indonesia yang berbudaya tinggi. Apabila Saudara ingin penjelasan atas pertanyaan atau keluhan Saudara, isikan di kolom "yours site" supaya bisa kami hubungi.

Alamat Kantor 1 (Kantor Administrasi)

Telephone/Faximilie : (0761) 33266

Email : bpkadriau@gmail.com

Alamat Kantor 2 (Gudang Kopan)

Telephone/Faximilie : (0761)

Email : bpkadriau@gmail.com

ShoutBox

Nama
Your's Site
Pesan


Sysadmin SIPKD Provinsi Riau

Sejak Tahun 2010, Aplikasi SIPKD dikelola oleh tenaga administrator (sysadmin) yang bekerja pada bidang keahliannya. Sysadmin mempunyai tugas dan tanggung jawab terhadap keberlangsungan operasional Aplikasi SIPKD dalam melayani stakeholder maupun user di Lingkungan Pemerintah Provinsi Riau dalam mengelola keuangan daerah.

No Sysadmin Tugas dan Fungsi Keterangan
1 Analyst
  1. Mengumpulkan dan menganalisis dokumen, file, formulir yang digunakan pada sistem yang telah berjalan;
  2. Menyusun laporan dari sistem yang telah berjalan dan mengevaluasi kekurangan-kekurangan pada sistem tersebut dan melaporankan semua kekurangan tersebut kepada pemakai sistem;
  3. Menganalisis dan menyusun perkiraan biaya yang diperlukan sistem
  4. Memberikan pendapat tentang manfaat yang dapat diperoleh dari pemakaian sistem yang berjalan
  5. Menyusun sistem TI yang sesuai dengan kebutuhan organisasi
  6. Menyusun strategi pengembangan sistem TI kedepan
  7. Mengidentifikasi ancaman dan tanggap terhadap isu yang berhubungan dengan sistem
  8. Mengenalkan teknologi baru kepada user dalam sistem yang tengah digunakan
  9. Menganalisis log sistem dan mengidentifikasi potensi masalah dengan sistem komputer
  10. Menjawab masalah teknis dan memecahkan masalah
2 Software
  1. Mengupdate aplikasi yang diterima dari analis aplikasi maupun pengembang aplikasi
  2. Melaksanakan backup aplikasi sebelum dilakukan update
  3. Melakukan instalasi aplikasi
  4. Melakukan dokumentasi pengembangan aplikasi
  5. Melakukan tuning kinerja sistem aplikasi
  6. Melakukan manajemen user aplikasi (mis. menambah, menghapus atau memperbaharui informasi account pengguna, reset password, dll);
  7. Memeriksa log aplikasi secara berkala;
  8. Menjawab masalah teknis dan memecahkan masalah
3 Datacenter
  1. Melaksanakan pemeliharaan terhadap datacenter untuk menyakinkan infrastruktur datacenter dalam keadaan baik
  2. Melakukan dokumentasi konfigurasi datacenter
  3. Melakukan tuning kinerja datacenter
  4. Melakukan backup dan restore database secara bekala
  5. Menjaga tingkat keamanan datacenter
  6. Memeriksa log datacenter secara berkala
  7. Memperkenalkan dan mengintegrasikan teknologi baru ke dalam lingkungan datacenter yang ada
  8. Menjawab masalah teknis dan memecahkan masalah
4 Networking
  1. Melaksanakan pemeliharaan terhadap jaringan dan perangkat keras untuk menyakinkan infrastruktur jaringan komputer dalam keadaan baik
  2. Memonitor dan memastikan konektivitas jaringan di seluruh LAN/WAN infrastruktur dalam kondisi operasional
  3. Melakukan dokumentasi konfigurasi jaringan
  4. Melakukan tuning kinerja jaringan
  5. Menjaga tingkat keamanan instalasi jaringan komputer
  6. Memeriksa log Jaringan secara berkala
  7. Menjawab masalah teknis dan memecahkan masalah

ANALYST

Mulai bekerja sebagai konsultan perencanaan sejak Tahun 2003 dan masuk ke Pemerintahan sejak Tahun 2004 di Dinas Pariwisata, Kesenian dan Kebudayaan Provinsi Riau sebagai Operator Komputer. Kemudian bekerja di Biro Keuangan SETDA Provinsi Riau sejak Tahun 2005 sebagai Pegawai Tidak Tetap yang bertugas di Bagian Kas Daerah.

Please Read More ....

DATACENTER

Mulai bekerja sebagai konsultan IT Aplikasi SAMKEUDA pada PT. Pohaci sejak Tahun 2007 yang ditempatkan di Biro Keuangan SETDA Provinsi Riau dan masuk di pemerintahan sejak Tahun 2010 sebagai Tenaga IT Biro Keuangan SETDA Provinsi Riau untuk mengelola Aplikasi SIPKD dan supporting bidang IT di Pemerintah Provinsi Riau

Please Read More ...

SOFTWARE

Mulai bekerja sebagai FS SIPKD pada PT. Usadi sejak Tahun 2011 yang ditempatkan di Biro Keuangan SETDA Provinsi Riau dan masuk di pemerintahan sejak Tahun 2012 sebagai Tenaga IT Biro Keuangan SETDA Provinsi Riau untuk mengelola Aplikasi SIPKD dan supporting bidang IT di Pemerintah Provinsi Riau

Please Read More ...

NETWORKING

Mulai masuk ke pemerintahan sejak Tahun 2014 sebagai Tenaga IT Biro Keuangan SETDA Provinsi Riau untuk mengelola jaringan online Aplikasi SIPKD dan supporting bidang IT di Pemerintah Provinsi Riau

Please Read More ...

Apa yang dikerjakan "SYSTEM ADMINISTRATOR" untuk Instansi Anda?
Seorang sysadmin : membongkar server dari kotaknya, memasang sistem operasi, ditambal untuk keamanan, memastikan kekuatan dan pendingin udara bekerja di ruang server, dimonitor untuk stabilitas, menyiapkan perangkat lunak, dan terus backup dan setiap di kasus apapun harus dibereskan. Semua untuk melayani Governance.
Seorang sysadmin : menginstal router, meletakkan kabel, mengkonfigurasi jaringan, mengatur firewall, dan mengawasi dan memandu traffic untuk setiap hop jaringan yang berjalan di atas kabel tembaga, dan serat kaca optik (Fiber Optic), dan bahkan lewat udara (wireless) untuk membawa Internet untuk komputer Anda. Semua untuk memastikan halaman web-aplikasi menemukan jalan dari server ke komputer Anda.
Seorang sysadmin : memastikan koneksi jaringan Anda aman, terbuka dan bekerja. Sysadmin memastikan komputer Anda bekerja dengan cara yang sehat pada jaringan yang sehat.
Seorang sysadmin : melakukan backup untuk menjaga terhadap bencana baik dari manusia dan intern system, menjaga gerbang jaringan dan komputer terhadap ancaman keamanan dan hacker.
Seorang sysadmin : khawatir tentang spam, virus, spyware, tetapi juga listrik padam, kebakaran dan banjir.
Ketika server mati (Down) pada dini hari pada hari Minggu dan hari Libur/Cuti, sysadmin Anda bergegas bangun, dan pergi bekerja.
Sysadmin adalah seorang profesional, yang memiliki target/rencana, kekhawatiran bahaya hacks, melakukan perbaikan, melakukan dorongan, perlindungan dan menciptakan jaringan komputer yang baik, untuk mendapatkan data dan informasi Anda, untuk membantu anda melakukan pekerjaan dan untuk membawa komputasi sesuai dengan kenyataan yang diharapkan.
Sysadmin adalah seorang multitalented, yang bekerja tanpa mengenal waktu dan kesempatan, tak akan bertanya apakah itu it's my jobs or not, selagi bisa dikerjakan, kerjakan terus pantang mundur !!! tetap dilakukan meski kadang menuai kontroversi. Ada peran sysadmin dalam pekerjaan anda yang membuat mendapatkan jasa dan materi.
Jadi, jika Anda bisa membaca ini, berterimakasihlah kepada sysadmin Anda dan dia hanya salah satu dari puluhan atau mungkin ratusan yang karyanya membawa email Anda dari Orang Tua, Paman dan Bibi dari Luar Kota, pesan instan dari anak Anda di perguruan tinggi, telepon bebas panggilan dari teman di Luar Negeri dan halaman blog ini serta anda sukses dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan Anda di kantor ataupun diluar kantor.
System Administrator Appreciation Day
Sejak 27 Juli, 2012, secara Internasional dikenal sebagai hari menghargai System administrator yang ke 13, dan dirayakan setiap tahunnya. Pada hari internasional khusus tersebut, berikan System Administrator Anda sesuatu yang menunjukkan bahwa Anda benar-benar menghargai kerja keras dan dedikasi mereka.
Apakah Anda menyadari bahwa, Administrator Sistem dipandang sebelah mata selama 364 hari dalam setahun. Nah pada hari tersebut tidak ada salahnya anda memberikan penghargaan atas pengorbananannya hampir setiap hari, dari jam kantor hingga jam luar kantor mereka tetap bekerja untuk Anda.